Doa Setelah Sholat Dhuha Dan Haditsnya

Advertisement
Advertisement
Sholat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan dari mulainya terbit fajar (matahari) sampai menjelang masuk waktu zhuhur, pertengahan waktu siang. Afdhalnya dilakukan pagi hari pada saat matahari mulai naik ( Antara jam 9.00 sampai sebelum dzuhur ). Shalat dhuha lebih kita kenal dengan shalat sunah untuk memohon rizkinya Allah SWT.
Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai sholat dhuha. Mengerjakan sholat dhuha ini hukumnya adalah sunnat muakad. Yaitu sunnat yang sangat dianjurkan untuk mengerjakan, Berikut ini adalah diantaranya dalil mengenai sholat dhuha


Artinya : Telah berkata Abu Hurairah : Kekasih saya, (Nabi Muhammad s,a.w,) telah berwashiyat tiga perkara kepada saya, yaitu puasa tiga hari tiap tiap bulan, sembahyang dhuhaz dua rak’at , dan sembahyang witir sebelum tidur. (SR. Bukharie dan Muslim).

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHALIHIN.

Artnya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Advertisement