jenis Hewan َQurban Dan Aqiqah Bulan Dzulhijjah

Advertisement
Advertisement
Bulan Dzulhijjah Selain kita di sunnahkan puasa di 10 awal Bulan Dzulhijjah kita juga sunnat benyembelih Hewan Qurban. Penjelasan tentang hewan apa yang harus di sembelih untuk hewan kurban dan akikah, sementara itu saya gabungkan pembahasan dikarnakan qurban dan aqiqah sama-sama menyembelih. Adapun binatang yang boleh digunakan untuk berkurban adalah: [1] Domba yang sudah berumur satu tahun atau lebih atau sudah berganti giginya. [2] Kambing yang sudah berumur dua tahun atau lebih. [3] Unta yang sudah berumur lima tahun atau lebih. [5] Sapi atau kerbau yang telah beumur dua tahun atau lebih.

Binatang-binatang tersebut hendaknya tidak cacat (cacat mata, sakit, pincang, kurus, dan tidak berdaya, sebelah tanduk atau telinganya rusak atau pecah). Apabila kesulitan mendapatkan binatang berumur satu tahun, boleh kambing jadza'ah (brumur 9-11 bulan) tetapi gemuk, sehat, dan tanpa cacat. Besar atau banyaknya binatang yang di sembelih untuk berkurban adalah satu ekor kambing atau domba untuk satu orang atau untuk satu keluarga, sedangkan untuk onta, sapi atau kerbau, di bolehkan untuk 7 orang secara patungan.

Adapun untuk jenis hewan Aqikah, sama dengan Jenis Hewan Qurban bahkan para ulama sepakat, bahwa semua binatang yang dapat digunakan/ dijadikan hewan kurban,juga dapat digunakan untuk aqiqah seperti onta, sapi, kerbau, domba dan kambing. menurut imam Malik, binatang akikah adalah kambing dan domba. Alasannya Nabi mengAqiqahi hasan husen (cucu beliau) dengan kambing.
Jumlah hewan akikah adala dua ekor kambing/domba untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk perempun. Hal ini sesuai hadist Nabi yang diriwayatkan dari Sti Aisah:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : اَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ اَنْ نُعِقُّ عَنِ الْغُلاَمِ بِشَاتَيْنِ وعَنِ الْجَا رِيَةِ بِشَاةٍ رواه ابن ماجه
Artinya: Dari Aisyah berkata: Rasulullah saw. telah menyuruh kita menyembelih hewan akikah untuk seorang anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk seorang anak perempuan satu ekor kambing. (H.R. Ibnu Majah)

Akan tetapi ada juga hadis Rasulullah, yang artinya: Bahwasannya Nabi saw. melaksanakan akikah untuk Hasan dan Husen masing-masing satu ekor kambing gibas. (H.R. Ashabus Sunnah)

Advertisement