Khutbah Jum'at Singkat Terbaru 2017 Menjadi Pribadi Yang Bisa Bermanfaat Bagi Orang Lain

Advertisement
Advertisement
Materi Khutbah Jum'at Singkat Terbaru 2017
Menjadi Pribadi yang bisa Bermanfaat bagi orang lain(Nafi'un Li Ghairihi

إنَّ الحَمْدَ للهِ نَحْمَدُه ونستعينُه وَنَسْتَغْفِرُهُ, ونعوذُ به مِن شُرُورِ أنفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ الله فَلاَ مُضِلَّ لَهْ، وَمَنْ يُضْلِلْ، فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
أَشْهَدُ أنْ لاَ إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُه وَرَسُولُه.
اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدًى
.يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا  يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمً

Hadirin ahli Jum’at yang dirahmati oleh Allah.
Suatu hari, sepeninggal nya Rasulullah SAW, Abu Hurairah r.a. beri’tikaf di masjid Nabawi. Ia tertarik ketika mengetahui ada seorang di dalam masjid yang sama, duduk bersedih di pojokan masjid. Abu Hurairah pun menghampirinya. Lalu ia menanyakan ada apa gerangan hingga ia tampak bersedih. Setelah mengetahui masalahnya yang menimpa orang itu, Abu Hurairah pun segera menawarkan bantuan.

M4r! keluar bers4m4ku hai saudaraku, 4ku 4kan memenuhi Keprlu@nmu,” 4jak Abu Hurairah ra.
"Apakah Kau Akan Mninggalkan I'tikaf Demi Mn0l0ngku?" Tanya 0rang Trsebut Sebari Trkejut.
Y@. Sesungguhnya @ku Pernah Mindengar Rasulullah SAW Bersabda, 'Sungguh Berjalannya siseorang
Diantara Kamu Untuk memenuhi Kebutuhan $audaranya, Lebih Baik Baginya Daripada I'tikaf di msjidku slama sebulan.
Sabda Rasulullah SAW itu diriwayatkan 0leh Thabrani & Ibnu Asakir. D!shahihkan Al-Albani di dalamAs-Silsilah As-Shahihah.

Hadirin ahli Jum’at yang dirahmati oleh Allah,
Sebagai seorang Muslim seharusnya juga memiliki keterpanggilan hati untuk menolong saudaranya, memiliki jiwa dan juga semangat memberi manfaat kepada seksama, memiliki karakter Nafi’un li ghairihi.

Kebaikan seseorang, merupakan salah satu indikatornya kemanfaatannya bagi orang lain. Keterpanggilan nuraninya untuk berkontribusi menyelesaikan problem bagi orang lain. Bahkan manusia terbaik adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Rasulullah SAW brsabd:

خير الناس أنفعهم للناس

Sebaik-baik manusia adalh yng paling bermanfaat bagi orng lain (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah)

Seorang Muslim, setelah ia membingkai hidupnya dengan misi ibadah kepada Allah semata, sebagaimana petunjuk Allah dalam surat Adz Dzariyat ayat 56, maka orientasi hidupnya adalah memberikan manfaat kepada orang lain, menjadi pribadi yang bermanfaat bagi semua orang, nafi’un li ghairihi. Karenanya, Hasan Al Banna memasukkan nafi’un li ghairihi ini sebagai salah satu karakter, sifat, muwashafat diri, yang harus ada pada diri seorang Muslim.
Siapapun Mu$lim itu, di manapun ia brada, apapun profesinya, ia memilki orientasi untuk membrikan manfaat bagi orang lain. Seorang Muslim bukan manusia egois yang hanya mementingkan diri sendiri. dia juga peduli dengan orang lain dan selalu berusaha memberikan manfaat kepada orang lain di sekitarnya.

Dalm sebuah hadits dikatakn bahwa seharusnya setiap persendian manusia mengeluarkan sedekah di setiap harinya. Dan yang dimaksud dengan sedekah itu adalah kebaikan, utamanya kebaikan dan kemanfaatan bagi seksama.
Rasulullah SAW bersabda:

كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيهِ الشَّمْسُ ، يَعْدِلُ بَيْنَ الاِثْنَيْنِ صَدَقَةٌ ، وَيُعِينُ الرَّجُلَ عَلَى دَابَّتِهِ ، فَيَحْمِلُ عَلَيْهَا ، أَوْ يَرْفَعُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ خَطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ ، وَيُمِيطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ صَدَقَةٌ
Setiap prsendian manusia diwajibkan untuk bersdekah, setiap harinya mulai matahari terbit. Berbuat adil di antara dua orang adalah sbagian dari sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sbahagian sedekah. Berkata yang baik adalah salah satu sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah itu sedekah. Serta menyingkirkan suatu ranting dari jalan adalah sedekah. (HR. Bukhari)
Demikianlah Mukmin. Ia senantiasa merasa terpanggil untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Seorang Muslim yang menjadi pedagang atau pebisnis, orientasinya bukanlah sekedar meraut untung saja, tetapi orientasinya adalah bagaimana ia memberikan manfaat bagi orang lain, membantu mereka memperoleh apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian, pedagang dan pebisnis Muslim pantang menipu kosumennya, ia bahkan memberikan yang terbaik pada mereka, dan pada saat dibutuhkan juga menjadi konsultan serta memberikan pilihan yang lebih baik.

Seorang Muslim yng menjadi guru, orientasinya bukanlah sekdar mengajar, lalu setiap bulan mendapatkan gaji, tetapi orientasinya adalh bagaimana dia memberikan manfaat terbaik kepda peserta didiknya, ia mengasihi mereka seperti mengasihi putranya sndiri, dan ia selalu memikirkan bagaimana cara trbaik dalam melakukan pewarisan ilmu sehingg peserta didiknya lebih cerdas, lebih kompeten dan berkarkter.

Se0rang Muslim yang menjadi dokter, 0rientasinya adalah bagaimana ia memberikan pelayanan terbaik kepada pasiennya, dia sangat berharap kesembuhan dn kesehatan mereka, melakukan yang terbaik bagi kesembuhan dan kesehtan mereka.

Hadirin ahli Jum’at yang dirahmati oleh Allah,

Kelihtannya, memberikan manfaat kepada 0rang lain, membantu dan menolong orang itu membuat waktu kita tersita, harta berkurang, tenaga dan pikiran kita terporsir. Namun sesungguhnya, saat kita memberikan manfaat kepada 0rang lain, pada hakikatnya kita sedang menanam kebaikan untuk diri kita $endiri. Jika kita menolong orang lain, Allah akan menolong kita.

Allah SWT berfirman:



Jika k4lian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri (QS. 17:7)

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِى حَاجَتِهِ

Barangsiapa mmbantu keperluan saudaranya, maka Allah membantu keperluannya. (Muttafaq 'alaih)

Jika kita men0l0ng dan membantu sesama, pertolongan dari Allah bukan sekedar d! dunia, tetapi juga di akhirat. Jika kita memberikan manfaat kepada 0rang lain, Allah memudahkan kita bukan hnya dalam urusan dunia, tetapi juga pada hari kiamat nanti

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

$iapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan dunia, Allah akan menyelesaikan kesulitannya di hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan 0rang yang $edang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan 4khirat (HR. Muslim)

Sidang jum'at yng dirahmati oleh Allah,

Dengan apa kita membrikan manfaat kepada 0rang lain? Dalam bentuk apa nafi'un li ghairihi kita wujudkan? Sesungguhnya setiap manusia memiliki banyak potensi untuk !tu.

Pertama, dengan ilmu. Yakni ilmu yng dianugrahkan Allah kepada kita, kita bagikan kepada 0rang lain. Kita mengajari 0rang lain, melatih orang lain, dan memberdayakan mereka. Ilmu ini tidak terbatas pada ilmu agama, tetapi juga ilmu darigama baik berupa pengetahuan, keterampilan hidup, dan juga keahlian dan profesi lainnya.

Kedua, dengan harta. Kita mnfaatkan harta yang dianugerhkan Allah kepada kita untuk membantu orang lain, baik itu Yang wajib seperti zakat ketika harta itu telah mencapai nishab dan haulnya, ataupun yang sunnah yang lainnya Setelah zakat yaitu infaq dan sedekah yang memiliki ruang lebih luas dan tidak terbatas.

Ketiga, dengan waktu dan tenagakita. Yakni ketika kita mendengar keluhan 0rang lain, dan membantu mereka melakukan sesuatu, yng membantu menyelesaikan urusan mereka, dan sebagainya.
Keempat, dengan tutur katakita . Yakni perkataan kita yang baik, yang memotivasi orang lain, yang menenangkan dan mengajak kepada kebaikan.

Kelima, dengan sikap kita. Sikap yang paling mudah adalah keramahan kita kepada seksama, serta senyum kita di depan orang lain. Sederhana dan mudah dilakukan, dan itu termasuk memberikan kemanfaatan kepada orang lain.

Kelima hal nafi'un li ghairihi yaitu, jika kita lakukan dengan ikhlas, Allah akan membalasnya dengan kebaikan dan juga pahala.

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarrah-pun, maka ia akan mendapatkan balasannya (QS. Al Zalzalah:7)

Teks Kutbah jumat yang Kedua singkat 2016 Menjadi Pribadi yang Bermanfaat bagi orang lain (Nafi'un Li Ghairihi)


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

اللَّهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وسَلّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، وَعَنْ أَزْوَاجِهِ أُمَّهَاتِ المُؤْمِنِيْنَ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنْ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعًا مَرْحُوْمًا، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقًا مَعْصُوْمًا، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْمًا.
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.

اللهم اعز الإسلام والمسلمين وأذل الشرك والمشركين
اللهم انصر المجاهدين فى فلسطين اللهم انصر المجاهدين فى كل مكان
اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجْمِعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الحَقِّ، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظَّالِمِينَ، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعِبادِكَ أَجْمَعِينَ.

اللَّهُمَّ رَبَّنَا احْفَظْ أَوْطَانَنَا وَأَعِزَّ سُلْطَانَنَا وَأَيِّدْهُ بِالْحَقِّ وَأَيِّدْ بِهِ الْحَقَّ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ
اللَّهُمَّ رَبَّنَا اسْقِنَا مِنْ فَيْضِكَ الْمِدْرَارِ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ لَكَ في اللَيْلِ وَالنَّهَارِ، الْمُسْتَغْفِرِيْنَ لَكَ بِالْعَشِيِّ وَالأَسْحَارِ
اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا وكُلِّ أَرزَاقِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.

رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.

عِبَادَ اللهِ :إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Advertisement