Keutamaan Dan Keistimewaan Shalat Berjamaah Lengkap

Advertisement
Advertisement
Keutamaan Dan Keistimewaan Shalat Berjamaah. Tahukah kamu apakah salat berjamaah itu? Shalat berjamaah adalah salat yang di kerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam, sedangkan yang lainya menjadi makmum. Nah, shalat lima waktu yang kita lakukan sangat diutamakan dikerjakan secara berjamaah, bukan sendiri-sendri (munfarid). Kalian perlu tahu bahwa hukum sholat wajib berjamaah adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangt dianjurkan. Bahkan, sebagian ulama mengatakan sholat berjamaah adalah fardu kifayah.


Keutamaan solat berjamaah bila di bandingkan dengan sholat munfarid adalah dilipatkan 27 derajat. Hadis Rasulullah saw.


(عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ رَسُوْل اللهِ ضلّى الله عليه وسلّم "صَلاَةُالْجَمَاعةِ اَفْضَلُ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَّعِشْرِيْنَ دَرَجَةً (رواه البخرى ومسلم

Artinya: Diriwayatkan Ibnu Umar, bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (H.R. Bukhari dan Muslim)

Keistimewaan lain bagi orang yang rajin shalat berjamaah adalah akan dibebaskan oleh Allah swt. dari api neraka. Sebagaimana yang telah tercantum didalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.




عَنْ أَنَسِ ابْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه عَنِ النّبِيِّ صلى الله عليه وسلم اَنَّهُ كاَنَ يَقُوْلُ: من صَلَّى فِيْ مَسْجِدٍ جَمَا عَةً اَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً لاَتفُوْتُهُ الرَّكْعَةُالأُوْلَى مِنْ صَلاَةِالْعِشَاءِ كَتَبَ اللهُ لَهُ بِهَا عِتْقًا مِنَ النَّارِ

Artinya: Diriwayatkan Anas bin Malik r.a, dari Nabi shallallahu'alaihi wasalam, sesungguhnya beliau bersabda: barang siapa shalat di masjid dengan berjamaah selama empat puluh malam; dan tidak pernah tertinggal pada rakaat pertama dari salat Isya, maka Allah akan membebaskan baginya dari api neraka. (H.R. Ibnu Majah)

Apakah kalian ingin mengetahui lebih jauh mengenai shalat berjamaah? bacalah di pembahasan syarat-syat salat berjamaah di catatn berikutnya.

Advertisement