Cara Shalat Bila Tertinggal (Makmum Masbuk)

Advertisement
Advertisement
Cara Shalat Bila Tertinggal (Makmum Masbuk) - Makmum Masbuk adalah makmum yang tidak sempat membaca suarat al-Fatihah besama dengan imam di rakaat paetama. lawan katanya adalah makmm muafiq, yaitu makmum yang dapat mengkti seluruh rangkaiyan sholat dengan imam. Jika kalian dalam kondisi ketingalan seperti ini, perlu kecermatan dalam tatacara menghitung jumlah rakaat Shala. Untuk itu, perhatiknlah ilustrasi berikut. Penjeasn ini sangatlah penting, siapa tahu kalian perah mengalaminya :

Ilustrasi 1
padasaat makmum daang untuk melaksanakan berjamah salat isya, imam masih berdiri pada rakaat pertama. Makmum berniat (takbiratul ihram) dan mem baca fatihah. Namun sebelum slsai membaca al-fatihah iam ruku, maka dalam kedaan sepeti ini makmum harus ikut ruku bareng bersama mengikuti imam tnpa harus menyelsakan bacaan al-fatihahnya. Makmum seperi ini masih dinyatakan mendapatkan seluruh rakaat bersama imam. Jadi, pada saat imam menutup salat dengan salam, makmum tersebut ikut salam.

Ilustrasi 2
pada saat makmum datang untuk melaksanakan berjamaah salat isya, imam sedang ruku untuk rakaat pertama. Makmum berniat, takbirotul ihram, dan membaca al-fatihah meskipun hanya satu ayat. Lalu, makmum segera ruku mengituti imam tanpa harus menyelsaikan bacaan al-fatihah. Makmum semacam itu masih dinyatakan mendapatkan seluruh rakaat bersama imam, jadi pada saat imam menutup bacaan shalat dengan salam, makmum tersebut ikut salam.

Ilustras 3
Padasaat makmum daang untuk melaksanakan berjamah salat isya, imam sedang i'tidal atau sujud untuk rakaat pertama. Makmum berniat, takbiratul ihram, dan langsung i'tidal atau sujud bersama imam. Pada saat imam menutup salat dengan salam, maka makmu berdiri lagi menambah kekurangn rakaat yang belum selsai.

3. Halangan Salat Berjamaah, salat berjamaah dapat ditinggalkan, kemudian melaksanakan salat sendirian (munfarid). Faktor yang menjadi halangan itu adalah
a. Hujan yang mengakibatkan susah untuk menuju tempat shalat berjamaah
b. Angin kencang yang sangt membahayakan
c. Sakit yang mengakibatkan susah berjalan menuju tempat salat berjamaah
d. Sangat ingin buang air besar atau buang air kecil, dan
e. Karena baru memakan makanan yang baunya sukar dihilangkan, seperti bawang, petai, dan jengkol..
Tips agar kita main rajin dalam melaksanakan shalat

Advertisement