Bacaan Niat Puasa Ramadhan Wajib Lengkap Dengan Artinya

Advertisement
Advertisement
Puasa Ramadhan. Seorang muslim atau muslimah atau seseorang yang memeluk agama Islam pastinya telah mengetahui berkenaan Rukun Islam baik jumlah maupun runutan satuannya, yang mana rukun islam bahkan menjadi halyang wajib diketahui bagi seluruh umat islam, Sedianya puasa adalah merupakan ajang bagi kaum muslimin untuk semakin meningkatkan ibadah serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Insyaallah pada kesempatan kaliini akan membahas tentang rukun islam yang ke tiga yaitu tentang puasa, pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah niat puasa baik puasa yang wajib maupun yang sunnah, puasa wajib seperti puasa ramadhan puasa sunnah seperti puasa senin kamis.
Niat puasa ramadhan dilakukan pada malam hari, biasanya setelah selesai mengerjakan shalat tarawih, namun yang pasti puasa di bulan ramadhan mengucapkan niatnya harus sebelum subuh atau sebelum masuk waktu fajar atau sebelum imsak. Puasa ramadhan adalah puasa wajib bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh dan berakal. Kewajiban atas perintah puasa ramadhan telah diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183.
yang artinya "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa"

Adapun untuk lafadz niat Puasa Ramadhan wajib di bulan ramadhan di sini saya menyajikan dalam bahasa arab dan tulisan latin lengkap dengan artinya adalah sebagai berikut:


artinya; Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Seperti yang kita ketahui, bahwa puasa ramadhan adalah wajib bagi semua orang muslim baik laki-laki ataupun perempuan yang sudah baligh dan berakal, Maka apabila kita meninggalkannya sungguh berdosa dan kita diwajibkan untuk membayar atau menggantinya. Dilingkungan saya (di kampung) umumnya setelah selesai shalat tarawih para jama'ah bersama-sama membaca niat puasa ramadhan, ini dilakukan selama 1 bulan penuh. Padahal niat puasa ramadhan juga bisa diniatkan cukup sekali saja di awal bulan puasa ramadhan, tetapi apabila puasanya putus di tengah jalan maka diharuskan untuk niat puasa ramadhan lagi, karena telah memutus bulan ramadhan yaitu dengan meninggalkan puasa, Jadi dalam sebulan penuh selama ramadhan kita bisa niat puasa hanya dengan sekali saja yaitu tepat di awal bulan atau saat setelah shalat tarawih pertama atau saat sesudah makan sahur, yang terpenting adalah sebelum masuk waktu fajar (subuh) dan apabila ditengah jalan kita tidak puasa, maka diharuskan untuk niat puasa ramadhan lagi.
Adapun lafadz niat puasa wajib di bulan ramadhan untuk satubulan penuhdalam bahasa arab, lengkap dengan artinya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى
Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala

Adapun untuk bacaan doa niat puasa sunah senin adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Dan untuk bacaan niat puasa kamis adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Untuk mengetahui pembahasan Puasa Ramadhan secara detail lihat di kajian agama lengkap

Advertisement